TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Kunai ala Shinobi Naruto yang Digunakan Menusuk Wiranto Banyak Dijual di Toko Online

10/10/2019 - 23:19 | Views: 9.96k
Kunai, senjata ala shinobi di anime Naruto. (Foto: Istimewa)

TIMESJAKARTA, BANYUWANGI – Senjata yang dipakai pelaku menusuk Wiranto ini, ternyata banyak dijual di toko online. Senjata yang disebut kunai oleh para shinobi (ninja) dalam anime Naruto ini, dijual mulai dengan harga Rp 65 ribu, Kamis (10/10/2019).

Berdasarkan pantauan TIMES Indonesia di sejumlah toko online, senjata shinobi sepanjang 17 cm tersebut dijual secara bebas, tanpa syarat pembelian.

Bahkan, pembeli bisa mendapatkan satu set kunai, yang terdiri dari tiga bilah kunai berbahan stainless steel dengan diameter 2,3 cm dan tebal 2,5 mm tersebut lengkap dengan sarungnya.

Beragam variasi dan jenis kunai banyak dijual secara online. Baik itu kunai mainan maupun kunai tajam. Berbahan plastik ataupun besi/ baja.

"Bahan asli baja impor dan tahan karat. Bisa bayar ditempat (cod)," tulis salah satu penjual pada lapak onlinenya.

Dilansir dari buku 'Classical Weaponry of Japan: Special Weapons and Tactics of the Martial Arts' oleh Sergei Moi, kunai merupakan perkakas sehari-hari untuk menggali, mirip cetok atau sekop, tapi berbentuk datar. Kunai juga bisa bisa ditancapkan di dinding supaya bisa dipanjat.

Kunai besar berukuran 35-48 cm disebut sebagai 'daikunai'. Sedangkan kunai kecil berukuran 18 cm disebut sebagai 'shokunai'. Namun pada perkembangan selanjutnya, kunai menjadi senjata tajam mirip pisau, meski tidak setajam pisau.

Sedangkan dalam anime Naruto sendiri, kunai sering digunakan untuk pertarungan jarak dekat. Dengan lubang seukuran jari pada ujung genggamannya kunai dapat dilempar dengan leluasa. Selain kunai, para shinobi juga sering menggunakan senjata lempar lainnya, yakni shuriken.

Diketahui, kunai yang dipakai untuk menusuk Wiranto berbentuk lancip pada ujungnya. Gagangnya dililit tali merah dengan ujung berlubang seukuran jari. Kepala Biro Penerangan Masyarakat, Brigjen Dedi Prasetyo, mengkonfirmasi bahwa senjata jenis inilah yang digunakan untuk menusuk Wiranto.

Akibat penusukan senjata kunai mirip yang dipakai shinobi di anime Naruto tersebut, Wiranto mengalami luka di bagian perut. Saat ini, Menko Polhukam tersebut sedang dirawat dan akan menjalani operasi di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Agung Sedana
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Banyuwangi
Copyright © 2019 TIMES Jakarta
Top

search Search