TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Pilihan Minuman Sehat untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

03/12/2019 - 04:14 | Views: 19.92k
Ilustrasi minum teh.

TIMESJAKARTA, JAKARTA – Seseorang dikatakan menderita kolesterol tinggi ketika memiliki total kolesterol darah lebih dari 240 miligram per desiliter (mg/dL). Kadar kolesterol yang terlalu tinggi akan menyebabkan Anda memiliki risiko mengidap penyakit berbahaya, seperti stroke dan serangan jantung.

Untuk menstabilkan kadar kolesterol Anda, pilihlah minuman yang dapat menurunkan kadar LDL dan trigliserida atau menaikkan HDL. Apa saja minuman penurun kolesterol?

Berikut beberapa minuman penurun kolesterol yang dapat Anda coba, dilansir dari sehatq.com.

1. Jus delima

Berdasarkan penelitian, jus delima mengandung antioksidan tiga kali lebih tinggi dari teh hijau. Antioksidan inilah yang dapat menjaga kesehatan jantung, salah satunya dengan mengurangi penumpukan lemak jahat alias LDL.

2. Teh

Teh, baik berupa teh hitam, teh hijau, teh putih, hingga teh oolong telah dikenal lama sebagai minuman penurun kolesterol karena kaya akan antioksidan. Teh hijau, misalnya, terbukti dapat menurunkan LDL hingga 2,19 mg/dL, meski teh ini tidak bisa sekaligus menaikkan kadar kolesterol baik (HDL).

3. Jus alpukat

Alpukat mengandung lemak tidak jenuh (monounsaturated fats) dan serat yang dapat menurunkan LDL dan menaikkan kadar HDL. Selain mengonsumsinya sebagai jus, Anda juga dapat memakan alpukat sebagai buah maupun menjadikannya sebagai campuran salad.

4. Cokelat

Minuman cokelat ternyata memiliki efek baik bagi jantung karena mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) jika diminum dua kali sehari selama sebulan.

Meski demikian, hati-hati dengan minuman cokelat yang mengandung banyak gula karena gula justru memiliki efek negatif pada jantung. Pilihlah minuman berbentuk dark chocolate, yakni yang mengandung cocoa 75–85 persen atau lebih.

5. Susu kedelai

Kedelai pada dasarnya merupakan tanaman polong-polongan yang memang baik untuk kesehatan jantung. Manfaat kedelai juga bisa dirasakan melalui susu kedelai.

Studi terkini menyebut minuman sehat penurun kolesterol ini sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang mengalami kolesterol tinggi karena susu kedelai dapat menurunkan LDL dan menaikkan HDL dengan cukup cepat. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Copyright © 2019 TIMES Jakarta
Top

search Search