TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Olahraga

Buka Porprov III, Gubernur Malut Kaget ada Gelora Bahrain Kasuba

14/12/2019 - 21:57 | Views: 23.55k
Suasana pembukaan Porprov 2019 di Halsel (FOTO: Iwan for TIMES Indonesia)

TIMESJAKARTA, MALUKU UTARA – Pekan Olahraga Provinsi III (Porprov III) 2019 yang dihelat di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) resmi dibuka oleh Gubernur Malut, KH Abd. Gani Kasuba, Lc pada, Saptu (14/12/2019) sore.

Selain Gubernur, para pimpinan SKPD termasuk ketua DPRD Prov. Malut, Kuntu Daud, juga ikut memeriahkan perhelatan even dua tahunan di Malut ini.

Dalam sambutannya Gubernur mengaku  kaget ketika mendengar stadion tempat pelaksanaan upacara pembukaan PORPROV III 2019 ini bernama Gelora Bahrain Kasuba atau GBK. "Saya kaget baru dengar tadi waktu sambutan Bupati. Dulu pernah tegur Hein karena ada Universitas Hein Namotemo, sekarang ada lagi," kata Gubermur dengan nada bercanda.

Namun begitu, Gubernur Malut pun lebih menyoroti kondisi dan posisi masyarakat Malut untuk lebih memiliki kesadaran bahwa betapa pentingnya untuk mengikuti arus perkembangan dan tantangan era digital 4.0 pada aspek positif dan yang lebih maju pada semua bidang.

"Jaman menuntut akan kemajuan di semua bidang, termasuk bidang olahraga yang membutuhkan atlet dan pelatih yang memiliki sumberdaya yang berkualitas, karena itu sangat penting dan strategis," ujar Gubernur.

Menurut Gubernur, untuk menyiapkan atlet yang berkualitas dan profesional, butuh suatu kesungguhan dan keterlibatan semua pihak. Selain itu, Gubernur juga mengingatkan bahwa Porprov  III 2019 merupakan agenda bergengsi daerah untuk mengasah talenta para atlet dan pelatih. "Even ini adalah even bergengsi untuk menguji kekuatan dan kemampuan kalian," tutur AGK.

AGK berharap agar arena tanding yang disediakan pada Porprov kali ini menjadi ajang pengembangan diri untuk  menuju PON 2020 kedepan. "Para atlet dan official harus bersungguh - sungguh untuk merebut tiket menuju iven PON 2020 nanti di Provinsi Papua," ujarnya.

Meskipun gelanggang ini adalah sebuah pertandingan hidup - mati, akan tetapi harus bertandinglah secara sportif dan harus lebih mengedepankan kualitas dan profesional. "Jangan karena demi meraih sebuah tiket, kalian mengabaikan segala aturan pertandingan yang berlaku," harapnya.

Menutup sambutanya, Gubernur dua periode inj ingin agar Wali Kota dan Bupati yang menjabat sebagai ketua KONI harus bersinergisitas untuk mampu melahirkan atlet yang profesional dan dapat mengangkat nama baik Provinsi Malut pada ajang bergengsi dan berskala nasional melalui kolaborasi ukhua. "Ajang ini harus menjadi sebagai ajang menjalin persahabatan dan kekeluargaan yang memiliki mutu prestasi," tutupnya.

Sementara itu, Ketua KONI Malut, Drs. H. Djafar Umar, MM menjelaskan bahwa kemajuan suatu negara sudah diukur melalui dengan berbagai variabel, salah satunya kemajuan di bidang olahraga yang dapat menjadikan Indonesia sebagai negara terhormat di Asia maupun dunia.

"Saat ini tentu sudah banyak variabel yang turut menentukan tingkat kehormatan dan kejayaan suatu bangsa, baik yang bersifat politis, ekonomis, maupun yang bersifat sosial budaya termasuk kemajuan di bidang olahraga. Karena sukses olahraga telah dipandang sebagai salah satu indikator keberhasilan pembangunan," papar Djafar.

Djafar juga menilai bahwa Poprpov merupakan salah satu indikator untuk mengevaluasi pembinaan cabang olahraga yang dibina oleh  setiap KONI Kabupaten/Kota sebagai strategi pembina olahraga yang berlangsung melalui program pembinaan olahraga kedepan dan menjaga kebangsaan kita.

"Kepada para atlet dan pelatih untuk memanfaatkan secara penuh ajang Poprpov III  ini bukan sekedar untuk mengevaluasi pembinaan olahraga namun harus juga selalu membangun kebersamaan, persatuan,  dan kesatuan di Maluku Utara," tambah mantan Kadispora Provinsi Malut itu. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Wahyudi Yahya
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Maluku
Copyright © 2019 TIMES Jakarta
Top

search Search