TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Wisata

Taman Sari Destinasi yang Wajib Dikunjungi Saat Wisata ke Yogyakarta

03/12/2019 - 05:25 | Views: 22.07k
Antusiasme wisatawan ketika berkunjung ke Taman Sari. (FOTO: Desty Luthfiani/TIMES Indonesia)

TIMESJAKARTA, YOGYAKARTATaman Sari merupakan tempat yang menarik dikunjungi ketika berwisata di Yogyakarta. Ya, obyek wisata ini memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Artistik bangunan Taman Sari sangat direkomendasikan untuk Times Lovers yang menyukai fotografi atau sedang mencari feed media sosial.

Tamansari-2.jpg

Lokasinya, tidak jauh dari titik nol kilo meter, tepatnya di Kampung Wisata Taman Sari Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta. Jadi, Times Lovers bisa masukin obyek wisata tersebut dalam jadwal agenda berlibur ke Yogyakarta.

Akomodasinya sangat gampang terutama untuk wisatawan yang naik kereta api. Turun di Stasiun Tugu kemudian dapat naik andong, taksi, atau becak untuk sampai ke lokasi tujuan. Jalan kaki pun bisa dilakukan sambil menikmati destinasi wisata sepanjang Jalan Malioboro.

Estimasi dana yang harus dipersiapkan cukup murah kok. Biaya tiket masuk untuk wisatawan lokal Rp 5 ribu, wisatawan internasional Rp 12 ribu. Jika membawa kamera baru akan dikenakan biaya Rp 2.500 untuk tiket masuk kamera.

Jika Times Lovers membutuhkan bantuan dalam menjelajahi Taman Sari maka menggunakan jasa pemandu dengan bayaran sukarela.

Menurut sejarah, Taman Sari merupakan bangunan bersejarah Keraton Yogyakarta. Taman arti indah. Taman ini didirikan oleh Sultan Hamengku Buwana I pada tahun Ehe 1684 Jw (1758 Masehi). Dahulu, Taman Sari mendadi tempat rekreasi dan pemandian Sultan.

Tamansari-3.jpg

Kompleks Taman Sari sendiri dibagi menjadi 4 bagian. Yakni, danau buatan yang terletak disebelah barat, bangunan yang berada disebelah selatan danau buatan yaitu  pemandian umbul Binangun, Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati yang terletak diselatan bagian kedua, dan bagian sebelah timur bagian pertama dan kedua meluas kearah timur sampai tenggara kompleks Magangan.

Menurut mitos yang beredar lorong Taman Sari menghubungkan Gunung Merapi dan Pantai Selatan. Ada dua lorong yaitu Urung-urung (lorong) Timur dan Urung-urung Sumur Gumuling. Lorong timur mempunyai panjang 45 meter sedangkan lorong Sumur Gumuling mempunyai panjang 36 meter.

Jadi, boleh banget nambahin Taman Sari ke jadwal liburan kalian saat wisata ke Yogyakarta. Namun, jika ingin mendapatkan hasil foto yang maksimal dan sepuasnya, disarankan datang ketika tidak pada akhir pekan atau hari libur. Sebab, saat akhir pekan dan liburan sangat ramai pengunjung. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Desty Luthfiani (MG-215)
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Yogyakarta
Copyright © 2019 TIMES Jakarta
Top

search Search